Assalamu’alaikum, kali ini cuma pengen ngeshare cara untuk mengubah tampilan nama Ethernet0 yang mungkin diantara kita ada yang risih karena tampilan di GUI munculnya Ethernet0 tetapi ketika dikoneksikan menggunakan kabel ternyata tidak sesuai (terkoneksi ke port ethernet yang lain), mau seperti gambar diatas? nah pada Mikrotik CHR contohnya, Ether1 pada Router Mikrotik akan ditampilkan menjadi Ethernet0 pada GNS3, tapi sebenarnya Ethernet0 itu adalah Ether1 mikrotik, lalu Ethernet1 adalah Ether2 pada Mikrotik dan seterusnya. berikut ini adalah cara mengubahnya yaitu :

 

1. Buka Aplikasi GNS3 seperti biasa, klik Tab [Edit] lalu klik Preferences… atau bisa tekan tombol Ctrl + Shift + P.

 

2. Untuk tampilan konfigurasi selanjutnya tergantung menggunakan Sistem Operasi Jaringan dan Aplikasi mesin Virtual apa, nah sebagai contoh, disini menggunakan RouterOS CHR dengan bantuan Aplikasi Virtual mesin Qemu.

 kita lihat pada details nya, pada Network dengan Name format Ethernet{0} merupakan settingan awal / defaultnya sudah tersetting seperti ini, kemudian kita bisa mengubahnya menjadi Ether{port1}.

 

 

 

 

 

 

 

Setelah itu kita coba dengan virtual mesin router CHR yang sudah kita setting tadi, maka  nama interface pertamanya adalah Ether1.  Dan ini lah tampilannya setelah kedua router telah saling terhubung.