TUJUAN  

Prosedur ini bertujuan menjamin layanan konektifitas jaringan intranet untuk menunjang kegiatan akademik dan administratif di lingkungan Universitas Kuningan.   

DEFINISI  

  • Akun internet adalah fasilitas yang diberikan oleh Universitas Kuningan berupa username dan password untuk akses internet. 
  • Verifikasi Data adalah pemeriksaan kebenaran data berupa laporan pernyataan, perhitungan dan sebagainya. 
  • Username adalah indentitas pengguna untuk mengakses sebuah sistem. 
  • Password adalah kode rahasia, kata sandi yang merupakan kunci untuk bisa mengakses atau membuka suatu sistem yang dikunci.  

TANGGUNG JAWAB DAN PROSEDUR  

Penanggungjawab proses pelayanan pembuatan akun Internet adalah Bagian Kantor Pusat Sistem Informasi 

Kebijakan

Prosedur pelayanan pembuatan akun internet, meliputi:

1. Mahasiswa

  • Pembuatan akun mahasiswa dilakukan oleh Kantor Pusat Sistem Informasi Universitas Kuningan.
  • Setiap mahasiswa yang sudah memiliki NIM sudah dapat melakukan akses internet dengan menggunakan username dan password.
  • Bagi yang akunnya tidak terdaftar dapat menghubungi ke Kantor Pusat Sistem Informasi atau datang secara langsung ke Rektorat lantai 2 ruangan KPSI.

2. Dosen/Tenaga Kependidikan

  • Bagian kepegawaian mengirimkan data dosen/tenaga kependidikan yang baru.
  • Kantor Pusat Sistem Informasi kemudian membuatkan akun untuk dosen/tendik tersebut berikut email UNIKU yang nantinya digunakan untuk kegiatan akademik.
  • Akun yang sudah dibuat dapat langsung dipergunakan untuk akses internet dengan login menggunakan username dan password yang sudah diinformasikan oleh bagian kepegawaian.

Kebijakan Pengelolaan akun internet

  • Mahasiswa S1, S2 dan mahasiswa pertukaran / PMM (mahasiswa luar) secara otomatis mendapat akun internet.
  • Username dan password internet:

           Mahasiswa menggunakan data akses sama dengan Studentsite Mahasiswa.

           Tendik/Dosen menggunakan data akses yang diberikan oleh Bagian Kepegawaian.

  • Lupa password mahasiswa dapat menghubungi KPSI atau datang secara langsung.
  • Internet dapat diakses dengan kuota sebagai berikut:

           Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan 1 x 24 jam.

Ketentuan:

  • Setiap mahasiswa, tendik dan dosen Universitas Kuningan berhak mendapatkan satu hak akses internet.
  • Pimpinan dapat mengajukan akses dalam kedudukan sebagai pimpinan di Universitas Kuningan, username dan hak akses ditentukan berdasarkan kebijakan KPSI. 
  • Setiap orang yang ada dalam unit/kantor berhak mendapatkan akun internet yang bersifat tetap/berlaku selama unit/kantor masih ada.
  • Pembuatan akun tamu dilayani untuk menunjang kegiatan akademik dan dalam waktu yang ditentukan.

Masa berlaku akun internet:

  • Selama menjadi Tendik/Dosen Universitas Kuningan
  • Selama nama jabatan belum diganti/dihapus.
  • Selama unit/kantor belum dihapus/diganti.
  • Tamu sesuai kebutuhan yang diperlukan
  • Akun internet mahasiswa akan dihapus setelah melakukan yudisium (sama dengan hak akses Studentsite Mahasiswa).

Peraturan Pemakaian Akses internet:

  • Akun internet dipergunakan untuk kegiatan yang bersifat positif dan tidak melanggar Undang Undang No. 11 tahun 2008, yaitu undang undang yang mengatur informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi.
  • Tidak menggunakan internet untuk kegiatan yang dapat merugikan Universitas Kuningan baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Tidak diperbolehkan memindah tangankan username dan password kepada pihak lain yang tidak berkepentingan.
  • Segala risiko terkait atas penggunaan username dan password menjadi tanggungjawab pemilik akun.
  • Menjaga dan memelihara keamanan jaringan Universitas Kuningan selama menggunakan layanan akses internet.

Standar penamaan akun internet:

  • Pimpinan menggunakan nama standar seperti di email/nama Pimpinan.
  • Untuk unit/kantor berdasarkan nama email yang ada.
  • Untuk tamu menggunakan akun guest.
  • Ketentuan yang mengatur pengecualian kebijakan di atas akan dimuat dalam peraturan tersendiri.