[fusion_builder_container hundred_percent=”no” hundred_percent_height=”no” hundred_percent_height_scroll=”no” hundred_percent_height_center_content=”yes” equal_height_columns=”no” menu_anchor=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” status=”published” publish_date=”” class=”” id=”” background_color=”” background_image=”” background_position=”center center” background_repeat=”no-repeat” fade=”no” background_parallax=”none” enable_mobile=”no” parallax_speed=”0.3″ video_mp4=”” video_webm=”” video_ogv=”” video_url=”” video_aspect_ratio=”16:9″ video_loop=”yes” video_mute=”yes” video_preview_image=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” margin_top=”” margin_bottom=”” padding_top=”” padding_right=”” padding_bottom=”” padding_left=””][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ spacing=”” center_content=”no” link=”” target=”_self” min_height=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” background_color=”” background_image=”” background_image_id=”” background_position=”left top” background_repeat=”no-repeat” hover_type=”none” border_size=”0″ border_color=”” border_style=”solid” border_position=”all” border_radius=”” box_shadow=”no” dimension_box_shadow=”” box_shadow_blur=”0″ box_shadow_spread=”0″ box_shadow_color=”” box_shadow_style=”” padding_top=”” padding_right=”” padding_bottom=”” padding_left=”” margin_top=”” margin_bottom=”” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=”” last=”no”][fusion_title hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” content_align=”left” size=”1″ font_size=”” line_height=”” letter_spacing=”” margin_top=”” margin_bottom=”” margin_top_mobile=”” margin_bottom_mobile=”” text_color=”” style_type=”none” sep_color=””]

Tentang Pusat Sistem Informasi

[/fusion_title][fusion_text columns=”” column_min_width=”” column_spacing=”” rule_style=”default” rule_size=”” rule_color=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=””]

Pusat Sistem Informasi (Pusinfo) merupakan unsur penunjang akademik yang memiliki tugas pokok mengelola sistem informasi Universitas Kuningan dan pelayanan teknologi kepada seluruh unit organisasi dan sivitas akademika Universitas Kuningan.

Prinsip-prinsip atau landasan yang digunakan dalam pengembangan TIK di lingkungan Universitas Kuningan adalah Prinsip Manajemen Informasi dan Prinsip Arsitektur TIK.

Prinsip Manajemen Informasi

Dalam mengelola informasi di lingkungan Universitas Kuningan, Pusat Sistem Informasi memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Kepentingan: informasi menjadi aset yang sangat berharga bagi Universitas Kuningan dengan mendefinisikan cara pemanfaatan dan pengelolaannya.

Berbasis Pengguna: sistem dan layanan informasi dirancang dan disediakan berdasarkan kebutuhan pengguna TIK (stakeholders Universitas Kuningan).

Ketersediaan: dimana dimungkinkan, informasi disediakan kepada setiap pengguna, setiap saat, dimana saja, dan dengan cara akses yang mudah serta cepat.

Pengembangan SDM: skill sivitas akademika dan tenaga penunjang Universitas Kuningan yang terkait dengan pemanfaatan TIK akan terus menerus dikembangkan.

Produktifitas dan efisiensi: pemanfaatan TIK dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja.

Pemenuhan aturan/prosedur: manajemen informasi tidak menyimpang dari ketentuan atau aturan-aturan yang berlaku di Universitas Kuningan dan Indonesia.

Dapat dipercaya: informasi yang dihasilkan adalah benar, akurat, dan diberikan pada waktu yang tepat.

Prinsip Arsitektur TIK

  1. Keamanan terjaga dengan baik
  2. Perancangan TIK mendukung reliabilitas dan ketersediaan informasi yang tinggi
  3. Sistem melindungi privacy dan hak milik intelektual
  4. Sistem memanfaatkan otorisasi untuk akses dan pemanfaatan data
  5. Open source menjadi prioritas
  6. Perangkat-perangkat lunak aplikasi berbagi platform perangkat keras
  7. Sistem dirancang agar mudah dikembangkan

Secara umum, mahasiswa Universitas Kuningan diberi fasilitas Teknologi Informasi dan Komputer berupa:

  1. Laboratorium
  2. User Account
  3. Hotspot
  4. Akses Internet via Hotspot maupun jaringan kabel
  5. Email
  6. E-Journal
  7. E-Learning
  8. Akses dan pemanfaatan perangkat lunak (software).

[/fusion_text][/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]